rss_feed

Desa Sumber Jaya

Jl. Sumber Jaya RT 02
Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan
Kode Pos 70883

call 08115555781| mail_outline sumberjaya.sbbv@gmail.com

Dihimbau bagi semua masyarakat Desa Sumber Jaya yang ingin membuat surat menyurat untuk membawa identitas diri berupa Fotocopy KK sebagai syarat mutlak yang bertujuan untuk memvalidasi dan memastikan semua masyarakat datanya sudah ada di desa   I  Pelayanan publik: hari Senin - Kamis pukul 08.00 - 15.00. Jumat 08.00 - 11.00. I
fingerprint
Memaknai “Hari Kemenangan” Perspektif Dungu

26 Mei 2020 14:00:47 738 Kali

Penulis  : FAJAR ASSIDIQ,

Kasus positif Covid-19 sudah mencapai lebih dari 22 ribu. Lima ribuan enam ratus lebih di antaranya berhasil sembuh dan seribu tiga ratus lebih lainnya meninggal dunia.

Angka itu barangkali menjadi tren penilaian tersendiri karena jumlah penderita yang berhasil sembuh menyusul jumlah penderita yang meninggal dunia, namun, angka-angka ini tidak lagi dianggap penting oleh, misalnya, penjual angkringan, jamu gendong, nasi pecel, nasi goreng tengah malam. Itu karena, mereka mengalami penurunan pendapatan drastis. Mungkin, mereka bebas dari Covid-19, namun bisa saja mati karena kemiskinan. Hal ini, logis ketika kita mau secara terbuka membuka mata, dalam arti, mana yang lebih mematikan dari virus yang bersifat “pandemik” atau kemiskinan yang bersifat “pandemik.”?

Tunggu dulu, tulisan ini tidak akan membahas kemiskinan sebagai latar belakang masalah, namun melihat jerih-payah masyarakat melawan kemiskinan di tengah kedunguan khalayak banyak.

Pusat-pusat perbelanjaan, khususnya, yang menjual pakaian ramai dikunjungi pengunjung. Hal ini, bisa dilihat dari membludaknya tempat parkiran yang biasanya, dalam beberapa bulan terakhir cenderung sepi.

Dari beberapa keramaian ini, ada beberapa yang paling menyedot perhatian, yakni di Payakumbuh, para pengunjung vis a vis dengan aparat keamanan karena mereka diingatkan untuk tidak membuat keramaian pada salah satu pusat keramaian, meskipun pada akhirnya ada seorang ibu-ibu yang berani membuka blokade dan disebut sebagai provokator perlawanan memberikan klarifikasi (permohonan maaf) setelahnya.

 Kasus dalam setting yang hampir serupa juga terjadi di pusat perbelanjaan yang tidak terlalu besar di Kelurahan Banyumanik, Kecamatan Sumurboto, Semarang, bedanya para pengunjung tidak melakukan hal-hal perlawanan justru “berdamai” karena masing-masing diuntungkan.

Pengunjung mendapatkan barang belanjaan kebutuhannya, aparat keamanan mendapatkan jatah uang keamanan dari individu maupun kelompok kekerasan yang mengamankan daerah tersebut.

Lain halnya dengan penjual angkringan, yang tendanya tidak jauh didirikan dari lokasi tersebut, alih-alih sudah membayar uang keamanan, yang katanya kepada pihak kelurahan sekaligus Satpol PP, meskipun jumlah pembeli yang “ngangkring” tidak terlalu banyak, tetapi justru sering diingatkan untuk tidak terlalu mengundang keramaian. Maksudnya begini, sejak kapan term keramaian itu ditentukan dari banyaknya uang keamanan yang masuk bukan dari banyaknya populasi pada suatu tempat atau wilayah? Hal ini, menjadi kedunguan pertama.

Pada kenyataannya, meramaikan pusat-pusat perbelanjaan memang sudah menjadi budaya di negeri ini di setiap penghujung bulan Ramadhan, sebagai aktivitas mempersiapkan apa-apa yang dibutuhkan untuk menyambut “Hari Kemenangan” dengan lebih percaya diri (pd).

Membeli kue kering, camilan, sirup, pernak-pernik, baju baru dan sebagainya. Baju baru, di antara yang lainnya, barangkali menjadi hal yang paling penting untuk disiapkan. Hal ini, karena baju baru yang paling sering dikaitkan dengan “Hari Kemenang,” menang melawan sumber datangnya dosa dan kembali suci, seperti baru.

Barangkali, karena ada kesamaan term “baru” keduanya dicocokologikan sebagai hal yang sama. Cocokologi dalan memaknai term “baru” dengan baju baru sebagai bagian yang paling melekat dengan “Hari Kemenangan” di masa pandemik seperti sekarang ini, yang menjadi kedunguan kedua.

Hal ini, selain karena korelatif dengan maraknya praktik predatoris ekonomi-politik, seperti yang terjadi di Kelurahan Banyumanik, Kecamatan Sumurboto, Semarang, juga rentan sekali meningkatkan penularan Covid-19. Meskipun belum jelas secara ilmiah dijelaskan penyebab terjadinya jumlah peningkatan kasus positif, yang terjadi beberapa hari lalu yang dalam sehari mencapai hampir seribu, tetapi bisa jadi diasumsikan karena mendadak ramainya pusat-pusat perbelanjaan.

Padahal, pada pertengahan penerapan kebijakan terkait Covid-19, banyak masyarakat yang mengeluh secara ekonomi, tetapi buktinya mampu menyisihkan uang untuk membeli satu-dua-tiga pasang baju, yang misalnya, jika dibandingan harga satu baju (110 ribu) sama dengan 10 kilogram beras.

 “Sudah jatuh tertimpa tangga,” sudah bertahan melawan minimnya pendapatan di tengah pandemik, tetapi justru di penghujung bulan Ramadhan terjadi gelombang kedunguan di tengah-tengah pandemik.

Bagi mereka yang ikut dalam hiruk-pikuk memaknai “Hari Kemenangan” dengan berebut baju baru, mungkin bisa mencurahkan egoistis yang terpendam selama berbulan-bulan lamanya. Namun, setali tiga uang, bukankah itu memperpanjang masa perjuangan melawan kemiskinan, misalnya, yang lazim menimpa penjual angkringan, jamu gendong, nasi pecel, nasi goreng tengah malam karena mengalami penurunan pendapatan drastis?

Dan, jika seperti ini terus entah kapan mata rantai pandemik ini akan berakhir ini di negeri ini, yakin akan berakhir pada minggu pertama atau kedua bulan Juni, seperti yang diramalkan banyak pihak? Menurutku, tidak usah banyak meramal, sudah ada paramater yang konkret, cukup benamkan kedunguan khalayak banyak.

 

Sumber : https://geotimes.co.id/opini/memaknai-hari-kemenangan-perspektif-dungu/

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Desa

share Sinergi Program

folder Arsip Artikel


insert_photo Galeri Foto

assessment Statistik Desa

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Sumber Jaya RT 02
Desa : Sumber Jaya
Kecamatan : Kintap
Kabupaten : Tanah Laut
Kodepos : 70883
Telepon : 08115555781
Email : sumberjaya.sbbv@gmail.com

contacts Info Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:1.726
Kemarin:1.938
Total Pengunjung:1.153.091
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.80.3.192
Browser:Tidak ditemukan

message Komentar Terkini

  • person IHWAN

    date_range 24 September 2021 03:34:19

    Bisa minta kirim Laporan Keterangan Penyelenggaraan [...]
  • person Muhammad Ibrahim Ashari

    date_range 22 September 2021 12:57:13

    PSHT JAYA [...]
  • person Sugeng Pramono

    date_range 18 Agustus 2021 20:53:20

    Cara bagaimana membuka link informasi desa Datar Lebuay, [...]
  • person Dadang

    date_range 02 Agustus 2021 22:32:00

    Kenapa blt tidak merata padahal saya blm mendapatkan [...]
  • person Rudi Hartono, A.Md.Pi (Sekdes Doloduo Dua)

    date_range 27 Juli 2021 12:10:40

    Terima kasih untuk perdes yang sudah di bagikan di [...]
  • person Aslan hamzah

    date_range 19 Juli 2021 14:26:10

    Didesa kami kurang kesejahteraan, dan aspirasi kurang [...]
  • person lsei

    date_range 06 Juli 2021 12:49:37

    Ikuti ...... Bimtek Penatakelolaan Aset Desa Berbasis [...]
  • person Gimnasius Gobai

    date_range 29 Juni 2021 20:30:26

    Kapan bisa input dan Aplikasinya yang mana karena aplikasi [...]
  • person Rio

    date_range 24 Juni 2021 22:42:44

    Ingin tau propil desa kuto tanjung kec. Ulu rawas kab. [...]
  • person safrudin subeo

    date_range 24 Juni 2021 12:00:26

    maaf admin bisa minta laporan akhir masa jabatan kepala [...]
  • SUGENG HARIYANTO

    Kepala Desa

  • KHAIRUDIN

    Sekretaris Desa

  • NURHAIDA

    Kaur Keuangan

  • MARTINAH

    Kaur Umum dan Perencanaan

  • AHMAD PRAYETNO

    Kasi Pemerintahan

  • SUYANTO

    Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan

  • EKO WAHYU WIDODO

    Kepala Dusun I

  • AHMAD SALIM

    Kepala Dusun II

  • NUR HOLID

    Kepala Dusun III

  • HELDA SAFITRI

    STAF KEUANGAN

  • LISA INDRIANI

    STAF KASI PEMERINTAHAN

  • .................................

    Kepala Dusun IV

settings Pengaturan Layar

fingerprint

1.726 views

Pengunjung Hari Ini

89.06 %
Kemarin 1.938 views

router OpenSID 21.10-premium

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Sumber Jaya