Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Sumber jaya ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Sumber Jaya seperti pemerintah desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya. Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan. Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Desa Sumber Jaya Adalah adalah:

VISI

Menuju Sumber Jaya Sebagai Desa Maju yang BerPoTenSI ( Bersih, Potensi,Tentram, sehat dan Indah). “

MISI
Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Visi berada di atas misi. Pernyataan visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan/dikerjakan. Sebagaimana penyusunan visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Sumber Jaya , sebagaimana proses yang dilakukan maka misi Desa Sumber Jaya adalah :

  1. Melengkapi dan memperdayakan provesionalitas dan fungsionalitas kinerja dari Pemerintah Desa dan lembaga kemasyarakatan yang ada di Desa.
  2. Mengembangkan dan menciptakan program-program yang konstekstual dan efektif bagi pengembangan bidang pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan, Pemberdayaan Masyarakat, pendidikan, kepemudaan dan seni budaya dengan pendekatan-pendekatan yang bersifat srategis dan obyektif.
  3. Mempromosikan dan mendorong timbulnya program-program bantuan dan kemitraan melalui advokasi atau pembelaan terhadap harapan dan kebutuhan  masyarakat.