Dalam rangka penyediaan informasi dan data yang valid dan komprehensip sesuai fakta sebagai rujukan perencanaan pembangunan desa dan kelurahan, maka diperlukan Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 pasal 86.

Kegiatan Sistem Pendataan dan Pendayagunaan Profil Desa dan Kelurahan dilakukan up-dating tiap tahun secara berkelanjutan sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor : 12 Tahun 2007.

Profil Desa dan Kelurahan merupakan himpunan informasi dan data kondisi nyata dan menyeluruh tentang Kependudukan, Kelembagaan dan Pemerintahan Desa/ Kelurahan yang meliputi : Data Potensi Desa/Kelurahan dan Tingkat Perkembangan        Desa/Kelurahan.

Data Potensi Desa/Kelurahan menggambarkan potensi-potensi yang ada di desa dan di kelurahan, yang terdiri dari potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan dan  sarana prasarana yang dapat dipergunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, selain itu untuk menentukan karakteristik unggulan dan kompetitif Desa/Kelurahan serta meningkatkan investasi desa/kelurahan.

Unggulan potensi spesifik berupa sumberdaya alam (SDA), sumberdaya manusia (SDM), kelembagaan serta sarana dan prasarana desa/kelurahan merupakan Tipologi Desa/Kelurahan meliputi : pertanian, nelayan/pesisir, perindustrian/jasa, perladangan, perkebunan dan wisata.

Data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan adalah status tertentu capaian hasil keberhasilan pembangunan yang mencerminkan tingkat kemajuan  masyarakat, pemerintahan desa/kelurahan serta pemerintahan kabupaten/kota dalam melaksanakan pembangunan desa/kelurahan.

Sedangkan pendayagunaan data Profil Desa/Kelurahan diarahkan untuk :

  1. Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
  2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No 6 tentang Desa Tahun 2014;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 60 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan;
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 12 tahun 2007 Tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.
  7. Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 25 tahun 1996 tentang Data Dasar Profil Desa dan Kelurahan. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri  Nomor 8 tahun 1996 tentang Petunjuk Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 25 tahun 1996. Di Jawa Timur, Surat Keputusan dan Instruksi Mendagri tersebut ditindaklanjuti dengan Surat Gubernur tanggal 15 Juni 1996 Nomor : 412.21/9016/206/2006 tentang Pedoman Sistem Pendataan Profil Desa dan Kelurahan;
  8. Penggunaan Teknologi Informasi untuk menyusun data dan pendayagunaan Sistem Informasi Desa dan Kelurahan yang dikelola melalui website : www.prodeskel.pmd.kemendagri.go.id.

Profil Desa Sumber Jaya (Download disini)