Sumber Jaya – Dalam rangka meningkatkan kapasitas kader posyandu, CSR PT PAMA ARIA KINTAP menyelenggarakan kegiatan pelatihan Kader Posyandu terkait aktivitas pelayanan masyarakat di Desa Sumber Jaya. kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu (28/07/2018) di Kantor Desa Sumber Jaya.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kader posyandu dalam menata kelola administrasi dan meningkatkan mutu pelayanan kader terhadap masyarakat desa. Kegiatan Ini di laksanakan untuk meningkatkan pengetahuan kader dan meningkatkan kapasitas kader dalam menjalankan tugasnya karena selama ini masih ada beberapa kader baru yang perlu dilakukan pelatihan semacam ini agar mereka mengetahui tugas dan fungsinya.

Karni, S.KEP. MM selaku narasumber dari Puskesmas menjelaskan tentang Sistem Informasi Posyandu ( S I P ), SIP adalah seperangkat alat penyusunan data/informasi yang telah berkaitan dengan kegiatan, kondisi dan perkembangan yang terjadi di setiap Posyandu. Adapun manfaat dari SIP antara lain : bahan acuan bagi Kader Posyandu untuk memahami permasalahan sehingga bisa mengembangkan kegiatan yang tepat Menyediakan informasi yang tepat guna dan tepat waktu mengenai pengelolaan Posyandu, agar berbagai pihak yang berperan dalam pengelolaan Posyandu bisa menggunakannya untuk membina Posyandu demi kepentingan masyarakat.

Tujuan format S I P adalah untuk menata dan menyederhanakan tugas pencatatan kader yang sangat banyak, untuk melaksanakan hal ini, kader perlu mendapatkan pelatihan pengisian format S I P terlebih dahulu.

Macam – Macam Format SIP :

  1. Pencatatan Ibu Hamil
  1. Pencacatan Bayi
  1. Pencatatan Anak Balita
  1. Pencatatan PUS ( Pasangan Usia Subur )
  1. Pencatatan WUS ( Wanita Usia Subur )
  1. Rekapitulasi Hasil Kegiatan Posyandu
  1. Jumlah Pengunjung/Jumlah Petugas Posyandu/Jumlah Bayi Lahir/Meninggal
  1. Data Kegiatan Posyandu
  1. Pencatatan Alat/Bahan
  1. Buku Kas
  1. Buku Catatan Kegiatan Posyandu
  1. Buku Menu
  1. Buku Daftar Pengurus Posyandu
  1. Buku Daftar Hadir Kader Posyandu

Tak hanya itu kegiatan ini juga dilakukan secara sistematis dari mulai pembukaan, penyampaian materi, hingga praktik. Tujuannya agar peserta pelatihan lebih mudah mencerna apa yang disampaikan pemateri dan dapat langsung mempraktikannya.

Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi program pemberdayaan yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sumber Jaya. “melalui berbagai kegiatan positif yang dilakukan PT PAMA ARIA KINTAP semoga secara bertahap bisa mewujudkan kesejahteraan”.

Leave a Reply