Sumber Jaya – Untuk menyusun rencana kegiatan pembangunan tahun 2019, Badan Permusyawaratan Desa Sumber Jaya melaksanakan Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2019. Musdes diadakan di Kantor Desa pada Rabu (18/07/2018) dimulai pukul 09.10 Wita dan berakhir pukul 13.20 Wita.

Kegiatan ini dihadiri tokoh masyarakat  Desa Sumber Jaya  dan kelembagaan desa meliputi seluruh Perangkat Desa, ketua RT, LPM, KPMD, Pengurus PKK, Pengurus Posyandu, tokoh agama, serta Karang Taruna. Selain di hadiri oleh perwakilan lembaga dan para tokoh masyarakat, Musdes juga dihadiri  Camat Kintap yang di wakili Oleh Kasi TAPEM dan Pendamping Desa.

MUSDES RKP Desa di pimpin langsung oleh Ketua BPD Sumber Jaya, Ketua BPD ABD. HANNAN mengungkapan, pelaksanaan MUSDES ini adalah titik sejarah bagi Pemerintah Desa Sumber Jaya,dimana pelaksanaan Musdes oleh BPD sesuai mekanisme dan topoksi BPD, Musyawarah ini juga menjadi harapan baru bagi masyarakat, Musdes RKP Desa bertujuan untuk menjadi dasar pijakan melaksanakan pembangunan desa di tahun 2019, melalui musdes ini masyarakat dapat memberikan usulan sehingga mendapat kesekpakatan dalam menentukan prioritas dalam melaksanakan pembangunan desa sehingga dapat terwujud pemerataan pembanguan di desa sumber jaya.

Mudes RKP Desa adalah media untuk merencanakan pembangunan Tahun 2019 dengan menampung usulan-usulan terkait dengan program Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan dan pemberdayaan. Sesuai petunjuk pelaksanaannya yang disampaikan Kasi TAPEM, H. JARIANTO, dalm sambutannya mengajak semua unsur yang terkait untuk saling bersinergi  dalam membangun Desa dan usulan terkait  mendahulukan yang paling diperlukan masyarakat (Prioritas) tentunga dengan mengacu pada RPJMDes yang telah disusun.

Khairudin Sekretaris Desa Sumber Jaya memaparkan rancangan program kegiatan yang akan menjadi prioritas pada tahun 2019 dan menekankan bahwa apapun jenis kegiatan yang belum ada dalam matrik program Pemerintah Desa untuk dimasukan. Hal ini berkaitan dengan bantuan keuangan kabupaten yang biasanya muncul pada semester kedua tahun berjalan. “Perlu diketahui bahwa kegiatan yang muncul tetapi belum ada dalam RKP Desa tidak bisa dilaksanakan, jadi pada kesempatan inilah kita aktif memasukan semua  jenis kegiatan”, terang Khairudin.

Setelah dilakukan diskusi dan pembahasan terhadap materi RKP Desa, seluruh peserta Musdes memutuskan dan dapat menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi keputusan akhir dari Musdes, yaitu :

  1. Menyetujui Rancangan Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2018 untuk ditetapkan menjadi Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2019.
  2. Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2019 di tuangkan dalam Berita Acara.
  3. Penetapan TIM Penyusun RKP Desa dan
  4. Penetapan TIM Verifikasi

Acara Musyawarah Desa berjalan lancar, dinamka Rapat terlihat dengan munculnya berbagai usulan yang muncul dari berbagai peserta Rapat.

Leave a Reply