Sumber Jaya – Musrenbangdes atau musyarawarah Desa adalah forum perencanaan ( program ) yang dilaksanakan oleh lembaga publik dalam hal ini yaitu pemerintah desa,bekerjasama dengan warga masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya.

Bertempat di Kantor Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut, Selasa 16 Oktober 2018 telah dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDESA) Tahun Anggaran 2019. Acara MUSRENBANG Desa dihadiri oleh Tim Kecamatan yang di wakili oleh kasi Tapem,Kepala Desa Sumber Jaya beserta Perangkat, Ketua dan Anggota BPD, PKK, RT/RW, Kepala Sekolah dan Tokoh Masyarakat/Agama serta Tokoh Pemuda.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga kemudian terjadi di level Kecamatan dan Kabupaten demikian pula di Provinsi dan Nasional. Musrenbang merupakan pendekatan “atas-bawah” di mana suara warga seharusnya bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran Kabupaten dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

MUSRENBANG yang dilaksanakan hari ini adalah amanah dari PERMENDAGRI No. 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa yang menyatakan bahwa Pemerintah Desa menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa sebagai penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa dan penyusunannya mulai disusun dari bulan juli tahun berjalan dan diharapkan RKP Desa ditetapkan melalui Peraturan Desa (PERDES) paling lambat september tahun berjalan untuk menjadi dasar penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa). Penyusunan RKP Desa didahului dengan pelaksanaan musyawarah desa pada bulan juni lalu.

Diharapkan dengan pelaksanaan MUSRENBANG Desa ini akan mendapatkan hasil pembangunan yang tepat perencanaan, tepat anggaran, tepat guna, dan tepat sasaran.

Leave a Reply